Inilah Kota Biru di India


[imagetag]
Di saat Anda berjalan di atas bukit Rajashtan, India, Anda akan dibuat terheran-heran dengan mendominasinya warna biru di bawah. Warna itu merupakan warna rumah-rumah warga di Kota Jodhpur.

Unique Daily, Rabu (9/2) menulis, kerena mendominasinya warna biru untuk setiap rumah di kota ini, Jodhpur pun dijuluki Kota Biru. Jodhpur adalah kota terbesar kedua di Rajasthan, India.


[imagetag]

Diyakini pengecatan warna biru pada setiap rumah warga ini berkaitan dengan sistem kasta di India. Menurut cerita rakyat, asal usul warna biru di rumah-rumah di Jodhpur ini dimulai oleh orang dari kasta Brahmana yang melakukan pengecatan warna langit tersebut pada rumah mereka.

Entah bagaimana, tradisi mengecat rumah dengan warna khas unik ini diikuti oleh masyarakat yang kastanya berada di bawah kasta Brahmana. Akhirnya, tradisi itu terus berlangsung hingga kini.

Kota Jodhpur didirikan pada 1459 oleh Rao Jodha, seorang kepala Rajput dari klan Rathore. Jodha berhasil menaklukkan wilayah sekitarnya dan dengan demikian mendirikan sebuah negara yang kemudian dikenal sebagai Marwar.

sumber : http://harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=54823:kota-biru-di-india&catid=30:dunia&Itemid=55
[imagetag]

Leave a Reply

Search Box

VISITORS

free counters

VISITORS

free counters

Bookmark

Pages

Sample text

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Featured Posts